BUSWAY

saya adalah orang yang sejuta sekian yang bercerita tentang keadaan busway di Jakarta.

banyak sekali masalah yang dapat diceritakan mengenai busway.

saya bukan orang yang  setiap hari beraktifitas dengan menggunakan busway, saya hanya menggunakan busway jika harus ke daerah pulogadung, karena busway masih relatif aman dan murah, dan juga cepat sampai ketujuan.

kemarin saya menggunakan fasilitas busway untuk kesekian kalinya. Saya naik busway dari halte blok M.  Pada halte blok M tertulis pengumuman yang mengatakan meminta maaf karena busway akan sedikit terlambat… jadi saya agak santai untuk sampai ke pintu halte… ternyata tidak lama sampai sudah ada busway yang siap untuk jalan, “wa..ndak jadi ada terlambatan nich (pikir saya)”.Perjalanan cukup nyaman, walau untuk masuk dan duduk dalam busway harus didorong-dorong orang yang tidak dikenal karena mereka ingin dapat tempat duduk. Saya duduk agak di depan, dekat dengan supir busway. busway berjalan agak lambat karena di depan busway saya ada dua buah busway lainnya. Di sela-sela menyupir yang pelan ternyata supir busway dapat memainkan telephone gengam miliknya walau tidak menggangu pekerjaannya mengantar kami para penumapang (hebat juga ya ?). Satu hal yang saya perhatikan di dalam busway ini adalah wajah satpam dari busway.. masih muda sekali ! perkiraan saya sekitar 18 sampai 20 tahun. wa hebatnya bisa menampung tenaga kerja baru nich.

Perjalanan dengan busway blok M cukup lancar walau di depan sarinah kita tidak bisa berhenti karena ada perbaikan jalan. Untuk mencapai pulogadung, saya biasa turun di harmoni dan menlanjutkan dengan busway lain. Akhirnya sampai juga di harmoni… ternyata halte keberangkatan untuk ke pulogadung dipindah ke bagian depan halte yang biasanya berada agak di belakang. Seperti biasa, antrian untuk naik busway ke arah pulogadung membutuhkan kesabaran ekstra karena sangat panjang.. saya mengantri..dengan tambahan didorong-dorong oleh orang lain yang ingin cepat naik busway,  mencium keringat orang lain yang lelah mengantri, sebagai orang jawa masih ada keuntungan dalam situasi ini.. saya bisa mendengarkan lagu favorit melalui radio yang ada di MP4 dan membaca beberapa artikel gede parma.. sangat menghibur dalam keadaan ini.

Seperti kebiasaan, ketika ingin naik busway ..selalu didorong-dorong orang yang ingin berebut mendapatkan kursi busway yang terbatas. saya kembali mendapatkan tempat duduk yaang dekat supir. Kali ini  supirnya sangat baik, dan ramah, tapi yang mengherankan adalah fasilitas busway.a Dalam busway pulogadung ini tidak ada suara yang menginformasikan halte yang akan dituju..saya agak panik karena saya sangat mengandalkan panduan ini untuk mencapai halte tujuan saya “pulomas” saya tidak hapal harus turun setelah halte mana, beruntung saya duduk di depan jadi saya bisa membaca papan yang ada di halte tempat pemberentian. kalo halte saya duduk di belakang maka saya pasti akan terlewat halte yang saya tuju. perjalanan seperti perjalanan offroad, ternyata jalan untuk busway sama sekali tidak nyaman, penuh lubang dan bergelombang… dan harus ekstra hati-hati bagi para supir busway.

sampai tujuan..pulomas, akhirnya sampai juga dengan selamat… ketika jalan di jembatan penyeberangan, ternyata fasilitas jembatan tidak kalah menyedihkan… lantai jembatan tidak lagi rata  tapi bergelombang

ya.. saya hanya bisa bekeluh kesah dengan fasilitas umum yang cukup nyaman dengan harga 3.500  semoga bisa ada perbaikan.. dan tambah nyaman

3 Comments

  1. mending naek motor aja. hahahaha

    mba, susah bgt mau ktemu! mau minta ttd buat kkp niyh

  2. sabar lin… sabar… seperti kan orang jawa juga “alon-alon asal kelakon” hehe2x

  3. Kalo naik motor akunyaa kira-kira mau gak mbak charoline yah ?🙂

Leave a Reply

