NASIONALISME

saat sekarang ini banyak bilang kalo nasionalisme orang-orang muda sudah berkurang… tapi saya pikir tidak begitu…

Kurun waktu selama satu tahun, ada beberapa event yang saya sukai, yaitu tahun baru,valentine, lebaran, natal dan tujuh belasan. Alasan saya menyukai event-event ini adalah.. jalan-jalan, mal-mal semarak dnegan hiasan, ada pita-pita, lampu-lampu, dan gambar-gambar indah. Tapi yang paling saya suka adalah event tujuh belasan. Alasan saya gampang, tidak semua orang merayakan valentine, ada yang bilang tidak sesuai dengan agama, budaya luar. Tidak semua orang merayakan tahun baru, dengan membeli terompet, bergadang atau zikir. lebaran dan natal hanya orang-orang beragama yang merayakan.

Tujuh belasan ????? semua orang merayakan, semua orang mau ikut acara games yang aneh bin ajaib, di setiap gang ada umbul-umbul, di setiap rumah ada bendera merah putih.. coba tanya apa ada yang menyuruh mereka untuk memasang bendera pada saat tujuh belasan ? TIDAK… mereka memasang karena kesadaran diri sendiri, dan mungkin juga ritual tapi mereka bisa memilih untuk tidak memasang bukan?..

jadi jangan tanyakan apakah kita masih punya nasionalisme… dengan melihat bendera merah putih yang terpasang di rumah… itu sudah salah satu bukti kita masih cinta pada tanah air.  Jangan persempit cinta tanah air hanya dengan bela negara, maju perang

1 Comment

  1. jalod

    Setuju.. Dulu jaman perang nasionalisme gampang disalurkan n ditunjukkan. Sekarang sebenarnya lebih banyak cara. Jadi lihatlah dalam banyak sisi. Jangan gampang menilai sesuatu dalam satu sisi saja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: