Mari Membangun Pendidikan Di Indonesia

pekerjaan saya yang terdahulu berkecimpung langsung dalam mendidik putra-putra bangsa menjadi seseorang yang lebih baik. Walaupun sekarang, pekerjaan saya tidak lepas dari dunia pendidikan tapi tidak secara langsung mendidik putra-putra bangsa. Dahulu saya merasa, saya tidak cukup baik, tidak cukup memiliki ilmu untuk mendidik putra-putra bangsa.  Saat ini saya merasa keputusan saya untuk meninggalkan dunia itu ternyata tepat.  Selama 3 minggu terakhir, saya bertemu dengan para pendidik yang luar biasa. Para pendidik yang sangat kompeten di bidangnya, memiliki idealisme untuk merubah seseorang untuk menjadi seorang yang kompeten di bidang yang mereka ajar. Mereka memiliki tekad untuk mengubah dunia pendidikan menjadi lebih baik.

Saya berteman dengan para pendidik yang sangat ahli di bidangnya, saya melihat bagaimana cara mereka menuangkan ide-ide dalam menghadapi masalah di dunia pendidikan. Saya mendengarkan cara mereka menjelaskan ide, gagasan, pemikiran.Saya mendengarkan pengalaman dan ilmu yang mereka miliki. Saya sampai di satu titik kesimpulan, bahwa jika dosen yang sangat hebat ini memiliki mahasiswa yang potensial akan sangat hebat negara ini. Kita akan dengan bangga mengatakan, ini adalah hasil Indonesia, mereka adalah ahli dari Indonesia, Karya paten ini dibuat di Indonesia.

Saya saat ini memang tidak terjun langsung untuk mendidik putra-putra bangsa, tapi saya berkecimpung di institusi yang bisa merubah peraturan di dunia pendidikan. Jika seseorang berada di dalam sistem, maka nilai-nilai idealisme seseorang akan luntur. Saya takut jika saya terlalu lama di dalam sistem maka nilai-nilai idealisme saya untuk merubah dunia pendidikan akan hilang. Saya minta kepada teman-teman para pendidik yang luar biasa hebat, tolong ingatkan kami, jika kebijakan yang ada ternyata merugikan.

Kami terlalu lama berada di dalam sistem, kami memerlukan orang lain yang berada di luar sistem untuk melaksanakan evaluasi, karena cita-cita kita sama. Cita-cita kita adalah membangun Indonesia melalui pendidikan, melalui putra-putri bangsa. Mari kita sama-sama bangun bangsa ini, Mari kita bangun Pendidikan di Negara kita

Jangan Tanya apa yang telah kita terima, tapi tanya apa yang telah kita berikan………

1 Comment

  1. Pendidik membutuhkan tempat untuk mendidik
    Pendidikan membutuhkan sarana dan prasarana seperti BOS yang sudah direalisasikan oleh Pemerintah.
    Semoga dunia pendidikan di negara Indonesia makin tidak melupakan hak yang seharusnya dibutuhkan oleh masyarakat…

    salam dykapede

Leave a Reply

