TIDAK ADA KERJAAN…….

Judul di atas bukan mencermiinkan, seseorang yang memiliki pekerjaan atau seseorang yang sedang mencari pekerjaan tetapi seseorang yang memiliki pekerjaan yang mengatakan dirinya males datang ke kantor karena tidak ada kerjaan atau merujuk pada pimpinan yang mengatakan bahwa bawahannya tidak bekerja.Pernah mengalami salah satu kondisi ini?

Seorang pimpinan yang mengatakan bahwa bawahannya tidak bekerja, hanya duduk-duduk dan mengobrol saja,maka ia perlu dikoreksi. Bawahan bekerja atas perintah dan tugas dari pimpinan, jika ia duduk dan mengobrol, maka periksa apakah anda telah memberikan tugas kepada bawahan anda. Bawahan cenderung tidak mengetahui kerjaan yang seharusnya dikerjakan tanpa instruksi dari pimpinan. Jika anda merasa bawahan anda tidak bekerja, maka PERINTAH DAN BERI KERJAAN pada bawahan anda. Saya yakin bawahan anda akan merasa senang diberi kerjaan karena merasa diperlukan. Saya senang melaksanakan segala sesama-sama, beban yang berat akan terbagi menjadi lebih ringan, dan tanggung jawab tidak hanya ditanggung satu orang saja. Jika satu orang tersebut hilang, maka pekerjaan masih dapat ditangani oleh orang lain karena sebagian hanya mengerjakan sebagian kecil dari keseluruhan dan pimpinan yang mengetahui gambaran utuh dari pekerjaan tersebut. Selain membagi beban ke beberapa orang, membagi pekerjaan berarti berbagi keterampilan dan pengetahuan ke banyak orang. Jika pimpinan memberikan pekerjaan ke beberapa orang, maka ia melatih beberapa orang untuk bisa mengerjakan tugas tersebut, dan tidak hanya ketergantungan kepada satu orang.

Jika kita lihat dari segi orang yang diberi pekerjaan, maka menurut saya, akan sangat baik, karena orang tersebut akan memiliki tujuan dan tanggung jawab untuk ke kantor. Ia sudah mengetahui akan mengerjakan apa pada hari ini dan merasa bagian dari perusahaan. Ia memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan sesuatu dan bertanggung jawab terhadap suatu kegiatan. Ia akan bertambah ilmu, tidak merasa iri kepada orang lain, tidak merasa disisihkan. Terkadang dalam berbagi pekerjaan kepada orang lain, tim bahkan pimpinan bisa saling berbagi ilmu, bawahan tidak selamanya lebih bodoh dari pimpinan, dan pimpinan harus open minded bahwa dirinya bukan yang terbaik dan bisa belajar banyak dari bawahan yang terkadang lebih uptodate terhadap perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan dan informasi dari dunia luar. Saya selalu berpikir bahwa keadaan pasti berubah, bawahan sekarang kemungkinan besar adalah pemimpin di masa depan yang akan saya temui, pimpinan sekarang adalah pelayan bagi pemimpin masa depan, tempat seseorang belajar, memperbaiki diri dan bercermin. Saya senang sekali jika ada seorang pemimpin besar yang berkata saya bisa seperti ini karena belajar dari pimpinan saya sebelumnya, semua karena panduan beliau.

Jadi para pemimpin bebesar hatilah untuk memberikan pekerjaan kepada setiap bawahan anda, sehingga mereka bisa belajar menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dari anda, dan terbuka atas semua pemikiran bawahan anda, karena mereka mungkin jauh lebih pandai dan berpengalaman daripada anda dalam hal tertentu.

1 Comment

  1. seseorang yang memiliki pekerjaan yang mengatakan dirinya males datang ke kantor karena tidak ada kerjaan atau merujuk pada pimpinan yang mengatakan bahwa bawahannya tidak bekerja😀

    Kangen mba inesku🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: